Lebih Bagus Mana Wordpress Atau Blogspot? Ini Jawabannya

Bingung mau pakai platform Wordpress atau Blogspot? Oke di artikel ini saya membantu meberikan referensi jawaban sesuai dengan pengalaman saya pribadi.

Lebih Bagus Mana Wordpress Atau Blogspot?

Wordpress yang saya maksud disini adalah Wordpress.org yaitu Wordpress self hosting bukan yang Worpress.com atau gratisan.

Jadi mana yang lebih bagus, Wordpress atau Blogger? Jawabnya adalah......

Lihat Juga Alasan Pindah dari Wordpress ke Blogger

Worpress.org Bagus Untuk Toko Online

Berikut adalah beberapa alasan kenapa saya memilih Wordpress untuk toko online

1. Fiturnya Yang Lengkap

Tidak bisa dipungkiri bahwa Wordpress.org lebih bayak fitur yang bisa kita gunakan dibandingkan blogspot, seperti menambahkan plugin.

Dengan adanya plugin kita bisa menambahkan fitur-fiutr tambahan di blog dengan sangat mudah. Tinggal pasang dan aktifkan tanpa merubah CSS atau HTML tema.

Tak hanya itu, fitur menu pada Wordpress juga sangat bagus, kita bisa menambahkan menu di atas, samping bawah dengan sangat mudah sekali. Tinggal add dan drag menu.

Fitur lain yang paling saya suka adalah bisa edit permalink sesuai keinginan, saya selalu menyembunyikan tanggal di permalink ini agar produk selalu tampak terbaru.

Kalau di platform Blogspot saat ini tidak bisa menyembunyikan tanggal di permalink, jadi bakal ketahuan mulai kapan produk di jual.

2. Tema Toko Online Mudah di Dapat

Banyak sekali pengembang theme WordPress toko online profesional dibandingkan tema toko online Blogspot.

3. Serba Otomatis

Beberapa tema toko online yang saya beli, ada fitur serba otomatis tanpa install plugin tambahan. Di toko online saya saat ini bisa mengirim email invoice otomatis ke costumer, input resi, menghitung stok sampai menghitung omset secara otomatis.


4. Tidak Rawan Banned
Pengguna wordpress.org tidak akan khawatir website dihapus Google jika melakukan pelanggaran karena termasuk self hosting. Jika melakukan spam atau pelanggaran berat paling mentok tidak terdeteksi di Google namun jika kita melakukan pelanggaran di blogspot, tidak tanggung-tanggung pihak blogger akan menghilangkan domain dari pencarian dan juga menghapus blog kita secara permanen.

Dari alasan tersebut saya berasumsi bahwa jika kita membuat toko online lebih baik memakai Wordpress saja. Saya sendiri sampai sekarang saya masih menggunakan toko online dari CMS Wordpress.

Lihat Juga Berapa Banyak Penghasilan Seorang Blogger?

Blogspot Bagus Untuk Blog Pribadi

Saya lebih suka menggunakan Blogspot ini untuk menulis blog pribadi atau blog adsense, kenapa?

1.Gratis

Menggunakan hosting dari blogspot tidak usah mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Siapapun bisa mendaftar dan memiliki blog pribadi serta bisa ikut program Adsense secara gratis pula.

Kalau ingin dengan nama domain sendiri, kita bisa beli di penyedia domain, dan hanya membayar sewa domainnya saja tanpa harus sewa hosting seperti di wordpress.

2. Unlimited

Selain gratis kita tidak usah memikirkan berapa maksimal pengunjung, bandwith dan space. Karena selama saya menggunakan blogspot belum pernah full space dan belum pernah juga down karena kebayakan pengunjung.

3. Sangat Mudah Digunakan

Untuk membuat blog dari blogspot sangat mudah sekali, dulu pertama kali saya menulis blog yang saya gunakan adalah blogspot, tidak berapa lama langsung daham fungisi-fungsi dasar yang ada dalam menu Blogspot.


4. Lebih Aman dari Hacker

Kita tidak perlu takut hacker, sistem keamanan blogspot sangat bagus karena blogspot adalah salah satu produk google

5. Theme Gratis yang Bertebaran di Internet

Untuk menulis menurut saya tidak butuh theme yang aneh-aneh cukup menggunakan theme gratis saja sudah cukup.

Penting: Petaka akan datang jika kita tidak mematuhi rules atau aturan dari blogger, pihak blogger akan menghapus tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu jika kita melakukan pelanggaran seperti spam, mengambil artikel orang lain dan pelanggaran lain.

Apakah Wordpres.org Bisa untuk Blog Pribadi atau Blog Adsesne?

Bisa, sangat bisa, bayak sekali blogger Adsense yang sukses menggunakan CMS Wordpres. Dulu blog onlines-id.com ini menggunakan platform Worpress.org walaupun blog pribadi tapi dengan pertimbangan matang dan berbagai alasan saya pindah ke blogspot.

Berat memang pindah ke blogspot, selain fiturnya kurang lengkap dan serba manual saya harus mengedit satu persatu gambar di artikel agar halaman agar support amp. Untuk meletakkan iklan di tengah artikel juga susah.

Berbeda dengan di wordpress, jika blog ingin support AMP tinggal install plugin AMP gratis dan otomatis semua halaman akan support amp tanpa edit gambar satu persatu. Kita juga bisa meletakkan iklan dimanapun dengan sangat mudah.

Namun untuk blog pribadi menurut saya tidak masalah jika menggunakan blogspot karena tidak membutuhkan fitur aneh-aneh dan bayak gambar, paling satu artikel maksimal 5 gambar itupun jarang, karena ini blog artikel, bukan blog wallpaper.

Apakah Blogspot bisa Untuk Toko Online?

Bisa, banyak sekali teman-teman saya yang jualan lewat blogspot mulai dari jualan laptop, furniture, baju dan lain sebagainya.

Untuk theme toko online blogger sekarang ini juga sudah bayak sekali yang jual, tampilan template tidak kalah dengan Wordpress. terlihat bagus, profesional dan juga ringan.

Keuntungan lain menggunakan blogger sebagai toko online adalah, kita bisa upload produk sebanyak mungkin tanpa perlu khawatir kehabisan space dan bandwith.

Memang jika ingin menambahkan fitur pada template, kita harus otak-atik script sendiri dan kadang memakan waktu yang tidak sebentar. Tapi tidak usah khawatir, sekarang ini bayak sekali blogger yang share tutorial untuk menambahkan fitur-fitur template blogspot.

Lihat Juga Cara Membuat Iklan Berada di Tengah Artikel Secara Otomatis

Bagaimana Dengan SEO?

SEO di nilai dari beberapa aspek mulai dari kecepatan web, originalitas dan kualitas konten yang kita tulis di blog. Kalau pemilik blog bisa memenuhi kriteria Google apapun platform yang kita gunakan bisa masuk halaman pertama dengan mudah. Jadi menurut saya penggunaan platform tidak terlalu berpengaruh dalam SEO.

Kesimpulan

Menurut saya bagus atau tidaknya platform tergantung kebutuhan, seperti saya sendiri yang memang membutuhkan kedua platform tersebut. Jadi saya pakai kedua platform sesuai kebutuhan masing-masing blog, baik Wordpress maupun Blogspot sama bagusnya.

Note: Blogspot menurut saya lebih cocok untuk blogger karena fiturnya yang sederhana dan tidak membutuhkan perawatan yang intensif 

Belum ada Komentar untuk "Lebih Bagus Mana Wordpress Atau Blogspot? Ini Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel